Senin, 06 Oktober 2014

Mengembalikan ROM Asus Zenfone 5 ke Original agar bisa Update

Mengembalikan ROM Asus Zenfone 5 ke original agar bisa Update

Tutorial di bawah ini diambil dari Kaskus(sumber)

Halo agan-agan, ane mau share lagi nih buat yang mau firmwarenya yang udh di mod seperti terinstall custom recovery atau terinstall mod yang lain (root, foldermount, GL tos SD, dan lain-lain) terus agan mau berniat menjadikan HH agan ke posisi orginal, tapi firmware agan sudah di posisi ROM terupdate yang paling akhir, jadi agan males nih buat downgrade HH agan, berikut ane kasih triknya :

1. Pastikan firmware yang agan gunakan sama dengan firmware yang nantinya agan install di HH agan. Sebagai contoh ane menggunakan firmware versi WW 1.18.40.9


2. Kemudian agan harus download firmware dengan versi yang sama tersebut ke PC agan terus ekstrak file user.zip nya. Kalo agan pernah download updatean ini berarti agan tinggal ekstrak aja file user.zip ke PC agan. 



3. Cara ke tiga rename nama esktrak user.zip di PC agan tadi dengan mengubah versi yang awalnya 1.18 menjadi 1.19 (sistem termanipulasi agar terdeteksi pembaruan update)



4. Copy user.zip yang sudah agan rename menjadi 1.19 ke internal memory


oya gan inget ini hanya adalah file firmware 1.18 yang kita rename saja ya gan agar di HH agan dapat terdeteksi seperti updatean baru di HH agan. 

5. Setelah dicopy maka muncul warning di HH agan bahwa ada updatean terbaru

, silahkan update HH agan dengan firmware tersebut, nanti HH agan akan kembali seperti firmware 1.18 original sebelum di root atau sebelum di install custom recovery. 

92 komentar:

  1. Balasan
    1. Dicoba yang ini Mas Gan, silakan. Ayo pantang menyerah :D

      Hapus
    2. http://elankdroid.blogspot.com/2014/10/update-manual-full-rom-kitkat-untu-asus.html

      Hapus
  2. Suhu kalo fw WW 1.18.40.10 gmn sudah pernah root n unroot,. Tolong bantu,. Saya gagal upgrade kiblat sudah berkali-kali,. Tnx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah lakukan tutorial di atas? Coba yang ini juga http://elankdroid.blogspot.com/2014/10/update-manual-full-rom-kitkat-untu-asus.html

      Hapus
  3. Balasan
    1. coba update manual saja Gan http://elankdroid.blogspot.com/2014/10/update-manual-full-rom-kitkat-untu-asus.htmlhttp://elankdroid.blogspot.com/2014/10/update-manual-full-rom-kitkat-untu-asus.html

      Hapus
  4. Gan punya ane fw nya ga ada tulisan 1.13... ataupun 1.18... ini gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kok, diutak-atik aja di Setting-About

      Hapus
  5. saya minta link download firmware'a dong gan yg WW 1.18.40.9

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ke asus.com pilih device Agan. Pilih support - android. Maaf tidak bisa langsung kasih link karena lg pake hape

      Hapus
  6. Gan klo d copy k internal ny harus d ekstrak dlu gk file zip ny ?

    BalasHapus
  7. Gan firmaware ane WW 1.16.- cara updatenya ato cusrom nya gimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di setting-about ada system update kok Gan, silakan telusuri :)

      Hapus
  8. gan anekan beli hp asus zenfone 5 yang sudah di root, terus fimwarenya 1.11.- gimana cara update fimware ke terbaru dan langkah langkahnya gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Download ini Gan cara update-nya. http://dlcdnet.asus.com/pub/ASUS/ZenFone/A500CG/Software_Update_SOP_141030.pdf

      Hapus
  9. mas min saya dah succes step atas itu, brarti dah kembali ke ori 1.18.40.9 kan? kalo mau naikin ke 1.18.40.10 gimana ya mas min?

    BalasHapus
  10. Maaf Gan, Saya sudah melakukan cara tsb, tapi hp malah mati

    BalasHapus
  11. Brati ntar semua yang ada di internal kehapus semua gan

    BalasHapus
  12. Min, ane upgrade kitkat kog mlh jdi lma ya charger hp.a..
    Sblum.a untuk full hnya prlu 2 jm, skrng jdi 5 jam lbih..
    Mhon bntuan.a min..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah update OTA ke last version? coba gunakan dulu beberapa hari

      Hapus
  13. Udh min, trkhir donlot bbrpa hri yg llu,
    No versinya jdi Asus_T00f_ww_2.21.40.30_20141208_43
    Stlah hbis donlot, mlah jdi sngt lma utk crger.a.. mhon solusi.a min

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba report bug saja ke Asus-nya supaya diperbaiki di versi selanjutnya

      Hapus
  14. Gan hh saya sudah v 2.20.40.13 tpi sekarang suka sering hang knp yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba clean recent task secara berkala, ada aplikasi yang makan memori(RAM) banyak sepertinya. Bisa gunakan Clean Master.

      Hapus
  15. Gan kala downgrade gak pake pc bisa gak

    BalasHapus
  16. Gan HH ane sekarang v2.20.40.9 (TW) sudah di root. Systemnya minta update. Tp waktu ane download update annya terus pas di install (via OTA) HH ane langsung restart. Trus di system updatenya pas ane check systemnya blm terupdate sama yg baru dan muncul lg permintaan update system dan permintaan update SU binary. Mohon pencerahan. Belum coba update secara manual.Tengkiu.

    BalasHapus
  17. gan bisa bantu ane ?
    ane dah root zenfone5nya pas selesai root malah keluar tulisan system failed to udpate,dan ane unroot setelah keunroot keluar lagi tulisan system failed to update ane coba update lewat ota tapi pas direstart jadi masuk ke bootloader dan keluar tulisan error terpaksa ane restart aja pas ane check systemnya belum terupdate
    mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya boleh ane bantu, zenfone-nya mau diapakan gan?

      Hapus
  18. btw ane mau update firmwarenya dari 2.21.40.30 ke Firmware ASUS Zenfone 5 2.21.40.44

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk 40.44 yang WW tunggu aja Gan notif updatenya

      Hapus
    2. gan saya sudah mencoba cara di atas tetapi tetap tidak keluar notifnya, kalau egitu gimana ya gan?

      Hapus
  19. gan saya sudah ikut tutor di atas, tapi setelah di copy ke internal tetap tidak ekluar notif untuk update, itu bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan SKU agan tidak cocok updatenya

      Hapus
  20. gan saya mau nanya gimana caranya ngembaliin stock roomnya kalau sudah ke hapus roomnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Download firmware resminya d asus webnya gan

      Hapus
  21. Gan minta tolong asus z5 ane stuck logo jd tidak tau firmware aslinya. Blm pernah root seri di kardusnya sku TW A501CG TOOJ minta solusinya ya bisa kirim ke email rahmat.shomawinata@gmail.com trima kasih

    BalasHapus
  22. Gan minta tolong dong tutorial asus z 5 S501CG TW ane stuck logo blm pernah d root tiba2 aja ristart jd blm tau firmware aslinya mohon link nya ya via email ane rahmat.shomawinata@gmail.com terima kasih

    BalasHapus
  23. mas zenfone 5 saya setelah di flash kok tidak ada sinyal..?pangilan darurat saja kira2 bagaimana atasinya..?

    BalasHapus
  24. Sudah saya unroot tapi berjam2 masih terus loading , kenapa ya gan...??

    BalasHapus
  25. Unroot nya masih aja loading, sudah berjam2 gak selesai juga. Napa ya gan..??

    BalasHapus
  26. maaf gan numpang nanya sekaligus mohon bantuannya,, HH sy pernah error cm mncul logo USB, stlah sy coba flash via adb, dlm proses flash ada notif E: cannot load volume/misc. stlah reboot lalu bisa menyala tetapi tombol Lockscreen tdk ada/ hilang jd tdk bs masuk ke menu.. mohon pencerahannya gan trmksih

    BalasHapus
  27. gan,zen fone 4 ane udah update lolypop udah root,ada masalah di asus launcher pas d reset,masuk menu mod google service stop,jd g bisa msk ke home screen,minta solusi y gan..thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba clean data play store dan play service lewat notif toggle. Setting-app

      Hapus
  28. gan ane mau nanya, knapa saat flash ro, muncul tulisan eror in tmp/update.zip, gmna cara ngatasin nya , mohon bantuan nya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemungkinan rom tidak cocok. Misalnya, seperti rom CN tapi file yg mau update/flashnya rom WW

      Hapus
    2. Kemungkinan rom tidak cocok. Misalnya, seperti rom CN tapi file yg mau update/flashnya rom WW

      Hapus
  29. gan ane mau nanya, knapa saat flash ro, muncul tulisan eror in tmp/update.zip, gmna cara ngatasin nya , mohon bantuan nya,

    BalasHapus
  30. gan ane mau nanya, knapa saat flash ro, muncul tulisan eror in tmp/update.zip, gmna cara ngatasin nya , mohon bantuan nya,

    BalasHapus
  31. gan tolong saya dan berikan penjelasan yang jelas
    ...sebelumnya (UL-ASUS_TOOF-WW-3.24.40.78) INI nah trus ingin saya downgrade ke kitkat.. tetapi malah jadinya (ASUS_TOOF_WW_user_3.23.40.49_2015)
    malah jadinya itu gan, tetapi systemnya masih LOLIPOP 5.0
    cuma FIRMWARE Nya yang turun doang..
    ini gmna caranya saya kembalikan ke ORIGINAL gtuh..
    biar dapet Update an resmi sendiri dri asus gtuh kak..
    tolong bantu dan fast respown,,
    kasih penjelasanya di sini yah

    terimakasih maaf,
    maaf kalau ada kata kata yng tidak sopan

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kasusnya aneh juga yak, versi yang downgrade itu ga ada di webnya asus kok

      Hapus
    2. menurut saya gan versi 3.24.40.78 sampai 3.00.00.00 pun masih lolipop itu gan, kalau mau yg jelly bean versinya 1.3.xx.xx

      Hapus
  32. gan, kan saya sudah nge root HH
    Tpi karna klik update sistem (yang ada icon merah putih), jadi root-an saya ngga bisa dipake, terus aplikasi root saya ngga bisa lagi digunakan._.
    gimana caranya gan kalo saya bisa nge root lagi ?
    Apa perlu downgrade firmware dulu dari "WW 2.22.40.54" ke "WW 2.21.40.30" ?
    truss apa caranya sama dengan tutor yang diatas ?

    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo updatean, cari lagi yang terbaru gan apk rootnya :D

      Hapus
    2. gan, cara install ulang hh 2.22.40.54 gmna ya gan ?
      yg root itu udah lncr kmren

      Hapus
    3. truss kan udah saya copy, di extrak . . .
      tpi ngga keluar2 tampilan update.a gan ._.

      Hapus
    4. direstart dulu gan, biar terdeteksi updateannya

      Hapus
  33. om.hp zf2 fw 2.20.14.160 bisa gk fw dibalikkan ke 156.cranya gmna om

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk apa gan, downgrade>? paling lewat adb dan, versi romnya diubah manual biar terdeteksi seperti baru

      Hapus
  34. gan mau tanya kok setting di hp saya tidak bisa di buka, mohon infonya
    Thanks

    BalasHapus
  35. gan asus zenfone 5 saya kok gak bisa di buka settingnya
    mohon infonya gan
    Thanks

    BalasHapus
  36. Mohon info gan, asus saya WW 1.28.11.15 cara ngembaliinya gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lewat adb sideload aja rom ori nya diflash ulang

      Hapus
    2. gan ini firmware aslinya dapet in nya dari mana ya? yg ww 1.28.11.15 ga ada gan di website asus nya

      Hapus
    3. Gan ada firmware itu ga yg ori nya?

      Hapus
    4. Iya sepertinya sudah dihapus d asussnya gan. Karena terlalu lawas

      Hapus
    5. bang bisa cariin firmware nya kaga

      Hapus
    6. belum nemu sampai saaat ini Gan

      Hapus
  37. Gan mohon bantuan, asus saya ww 1.128.11.15, cara balikin ke awal gimana ya? Mau upgrade jadi gak bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu firmware ori nya yg mana ya? ga ada di asus nya gan

      Hapus
    2. Sudah dihapus sama asus kyknya gan

      Hapus
  38. Alhamdulillah Gan,saya coba berhasil!!!
    Thanks ya..

    BalasHapus
  39. Ada yang tau gak gan, kerusakan bootloop dari yang muncul logo asus doang diem terus dengan yang muncul logo asus tp ada loading muter2nya itu sama gak gan kerusakannya?

    terimakasih, saya berharap ada yg mau bantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama gan. Apalagi seharian tetep gitu. Bootloop karena g masuk2 sistem

      Hapus
  40. gan punya saya v 2.99.40.6 cara ke rom originalnnya gimana ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah itu harus diutak utik dari recoverynya juga gan

      Hapus
    2. Gimana caranya gan.. ? bisa di upgrid lolipop ndak ya

      Hapus
    3. Gimana caranya gan.. ? bisa di upgrid lolipop ndak ya

      Hapus
  41. NICE BGT INI WEBSITE THX BANGET BRO SUKSES SAMPE KITKAT

    BalasHapus
  42. Good job gan, makasih udah share infonya
    power supply hp

    BalasHapus