Minggu, 20 Juli 2014

Update FW 1.15 Eror Zenfone 5


Bagi Zenfoner versi World Wide (WW) yang gagal update OTA (Over the Air) FW 1.14 ke FW 1.15.40.35 karena efek dari root, maka akan muncul eror pada recovery karena installer update tidak bisa ter-flash dengan baik pada sistem yang telah ter-root. Silakan kuti langkah-langkah Admin yang telah lakukan.
1. Download FW stock 1.14 di web Asus resmi di sini click rename file tersebut dari .zip menjadi .zip.secure sehingga menjadi secure file bukan zip file. **(LANGSUNG KE LANGKAH NO.4 karena file di Asus bila diekstrak sudah merupakan sistem dan data untuk di-flash!)
2. Ekstrak file yang di-download tadi.
3. Cari file yang bernama xxxxxx.zip.secure
4. Ubah nama file FW tersebut dari 1.14.40.50 menjadi yang terbaru agar terdeteksi oleh Zenfone (misal: 1.16.40.50)
5. Kopikan file tersebut ke internal storage Zenfone Anda.
6. Cabut dari PC/laptop Zenfone-nya, maka akan terdeteksi update pada notifikasi.
7. klik notifikasi tersebut untuk melakukan update, tunggu sampe Zenfone restart ke dalam recovery.
8. Update akan berjalan kurang lebih 5-10 menit.
9. Zenfone sekarang dalam kondisi FW 1.14 Stock.
10. Silakan backup apk dan data untuk jaga2 di FW 1.15 muncul Demo Mode (menghilangkan demo mode sekaligus juga factory reset).
11. Masuk ke Zenfone root apk dan klik preserve update OTA (proteksi root sebelum update OTA)
12. Cek update manual di Setting- About- System Update.
FW 1.15 akan terdeteksi kurang lebih 30 MB. Klik notif tersebut untuk update
13. Tunggu sampai restart dan masuk ke dalam mode recovery untuk penginstalan.
Selesai. Jika Demo Mode muncul silakan lakukan langkah ini click. Bila ingin root ulang lakukan dengan Zenfone Root Apk seperti biasa.
Langkah di atas bisa saja dilakukan untuk FW TW ataupun CN, mungkin juga untuk Zenfone 4 dan 6 sesuai dengan versinya.
Selamat mencoba :D


** Untuk mengedit file tipe. Munculkan dahulu setingan d window explorer pada komputer:
- Klik pada Folder Option
- Pilih tab View
- Hilangkan ceklis pada gambar d bawah yang diblok biru ("hide extensions for known file types)


Update Tips dari user lainnya di Komentar:

1. dari Anonim:
Sekedar tips untuk yang mau upgrade ataupun downgrade ke v1.14.40.50 biar kedetect. 
1. Pastikan udah di extract 1x.
2. Untuk t00j, pastikan udah di rename ke t00j. Karena file asli posisinya di t00f.
3. Pastikan udah di copy ke internal storage (sd card).
4. Restart, pasti muncul notifikasinya.
Good Luck!!!

70 komentar:

  1. HH ane udah di unroot, trus pas update OTA juga gak bisa, apa solusinya sama seperti diatas? Kalau iya apa skip langkah ke 11?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama di-root pake app apa saja gan? Nanti coba sy fix kan. Atau silakan foto pas gagal di recovery updatenya

      Hapus
    2. gan, saya juga mengalami yg sama,,,
      mohon bantuannya,,,

      Hapus
    3. oke silakan foto ketika eror di recovery update-nya mas

      Hapus
  2. file xxxxxx.zip.secure dimn ya, kok ga nemu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang tidak muncul Gan, karena itu diedit dulu file tipe nya di laptop atau komputer Agan

      Hapus
  3. pak admin,aku uda coba di atas tp stelah lakukan langkah no.7 proses update failed.. ada tulisan error 403 gitu,sytem 1 gitu.. ada solusi kah? punyaku model CHT.. makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari CHT memang tidak bisa gan, coba pake FW WW yang versi 1.14. pernah baca bisa dari CHT menjadi WW

      Hapus
  4. gan.. aku dah coba ikutin langkah offline update..

    mohon pencerahannya..

    ini kenapa ya..

    tiap masuk boot pas proses updating eror nya gini..

    E : Can't open /tmp/update-script.log
    E : Cannot load volume /misc!

    update, wipe cache, bahkan flash gitu smua erornya

    hh normal, gada masalah, cuma di update'an nya aja eror mulu..
    abis restart normal balik lg spt semula.. stuck di 1.17.40 :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah sebelumnya diroot dan diutak-atik filenya Gan? Silakan coba langkah ini Gan http://elankdroid.blogspot.com/2014/10/mengembalikan-rom-asus-zenfone-5-ke.html

      Hapus
    2. sebelum'a saya jg mengalami hal yg sama dg agan mazda, (setelah saya mengikuti step2 yg admin jelaskan akhir'a berhasil dan bisa update ke KITKAT. terima kasih bnyak,....

      Hapus
    3. Terima kasih atas laporan positifnya

      Hapus
    4. Oiya gan ada sdikit unek2... setelah saya berhasil upgrade ke kitkat kok ada bbrapa game yg suka force close ya. Pdhl saat masih di JB normal2 saja, apa da yg mengalami hal yg sma? Skalian mau tanya utk last version kitkat udh verzi brapa ya?

      Hapus
    5. Saya ngalamin hak yang sama, agan gimana caranya??? Tolong bantu

      Hapus
    6. untuk versi kitkat yang terakhir di web Asus versi 2.21.40.30. Game yang agan download coba update agas sesuai dengan OS Kitkat

      Hapus
  5. Mohon bantuan gan...baru aja hh zen5 sya minta update kitkat...setelah didonlot malah gagal instal...di layar ada tulisan kira2 check integrity firmware to original bla..bla....padahal hh saya udah di flashing beberapa minggu yg lalu dan dalam keaadaan unroot tapi koq gagal...mohon pencerahan gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya pernah root yak brarti. Jadi ada file d sistem yg brubah. Silakan cek artikel lainnya d bulan ini, ada tutor buat kembali k setingan original firmwarenya

      Hapus
  6. hh ane zenfone 5 ww firmware versi 1.14 tidak dapat update via OTA dari pertama kali beli sampai skg blm pernah ROOT gan....kalau update manual bila terjadi eror apakah hh ane jadi brick gan ?

    mohon pencerahan nya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak brick asalkan versi sesuai dengan yang agan punya, misal WW ke WW lagi.

      Hapus
    2. brti lgsg kembali ke home screen awal gan ?
      oya gan ane tanya lagi klo update loncat lgsg ke firmware WW 1.18 bisa ? saya baca2 di google katanya ada yg bisa ada yg harus urut....

      (zenfone 5 T00J firmware WW ram 1gb )

      Hapus
    3. Harus urut gan, kalau ga urut nanti ada eror beda versi

      Hapus
  7. oya gan satu lagi pertanyaan ane ketika update manual data dan aplikasi di internal maupun external apakah akan hilang ?

    maap gan newbie :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. enggak Gan, asalkan jangan pencet tombol factory reset

      Hapus
    2. oke gan makasih atas bantuan nya :D

      Hapus
  8. ane barusan update manual gan di setting> about phone> build number ane versi WW 1.14. bla.bla,,tp pas ane update manual gagal,, pas masuk proses update ternyta device image ane CUCC sedangkan versi OTA WW..gmn tu gan solusi nya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. update OTA saja gan biar lebih mudah, kalau beda versi agak ribet :)

      Hapus
  9. pak admin,bisa minta tutor downgrade zenfone 5 TOOF_ww dari kitkat kembali ke jellybean?
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk downgrade Mimin belum menemukan downgrade Gan, ada apa dengan kitkat? last version masalah baterai sudah fix kok.

      Hapus
  10. Min ane stress ni.
    Udah otak atik sana sini masih gagal,

    jadi gini ceritanya.
    Saya mau upgrade ke KitKat.
    Tapi selalu gagal.
    OTA gagal.
    Bahkan via ADB pun gagal.

    Kalau OTA status failednya 2.
    Kalau yg ADB masalah SKUnya.
    Biar jelas ane ketik dah tulisan yg muncul

    Finding update package...
    Opening update package...
    Verifying update package...
    Installing Update...
    Device image SKU:

    OTA image SKU: WW
    assert failed: getprop("ro.build.asus.sku") == WW
    Return code bla. bla bla.
    (Status 8)
    E: Fota_return_code 403
    E: instal of Bla. Bla.Bla th status 1
    Installation aborted
    E: Installation failed with status 1

    Ane harus ngapain gan???

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba liat versionnya gan, di setting about, yang agan versi WW? CN? atau TW?

      Hapus
    2. WW gan.
      Posisi HH Root gan.
      Udah di full Unroot tetep gitu.
      gak ada aplikasi yang dihapus ko gan.

      Hapus
    3. Coba pakai cara yg terbaru d post ane yg update manual gan

      Hapus
    4. gan masalah yang saya alami seperti Wendyana, masalahnya sekarang tidak bisa boot....
      mohon pencerahannya...

      Hapus
    5. Coba pakai FW yang terbaru

      Hapus
  11. gan tolong pencerahannya dong
    HH ane bootloop (ga masuk menu utama, stuck di logo asus sama loading dibawahnya)
    itu karena kemarin ane ganti font androidnya
    udah ane factory reset, wipe data, wipe cache tetep ga mau
    sekarang mau coba di flash pake firmware yang sama tetep ga bisa
    gagal terus pas install
    kode errornya
    E: can't open /tmp/update-script.log

    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba yg ini Gan. http://elankdroid.blogspot.com/2014/10/mengembalikan-rom-asus-zenfone-5-ke.html

      Hapus
  12. Gan.. hp ane asus T00F.. ww.. fwnya 1.13..
    Tapi nggak bisa upgrade atau downgrade..

    Kalo pake adb atau yang masukin ke internal pasti pas di recovery mode ada tulisan /tmp/update-script/log

    Ada yang ngerti nggak? Bantu pleaseee..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan coba postingan yang blan Oktober Gan :)

      Hapus
  13. mohon bantuan gan,zeny ane ada di versi jb1.14 skrg gan,ane habis up dari versi 1.13,ane up lewat offline (internal storage) dan berhasil,pas ane mau up dr 1.14 ke 1.18 ane pake cara yg sama (pindahin file zip ke internal) tapi zeny ane gabisa ngedetek kalo ada system baru di internal storage ane,pdhl sblmnya pas up dari 1.13 ke 1.14 notif langsung masuk pas ane cabut zeny dari kabel usb,pas ane coba2 rename file zip 1.18 jadi 1.15 (dengan harapan zeny ane dpt deket system yg baru karena 1.15 lebih dekat ke 1.14 dibandingkan 1.18) tetep jg ga muncul notif di zeny ane,pdhl ane udh restart zeny ane juga,plis gan butuh pencerahan ane hampir gila gara2 gabisa up zeny ane ke kitkat,apa pas upgrade di versi jb harus 1-1 versi gan? gabisa langsung lompat dari 1.14 ke 1.18.40.9? kenapa zeny ane gabisa ngedetek kalo ada system baru di internal ane? ane udh ckba lewat ota jg gabisa gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ubah update-an filenya jadi ekstensi "***.secure" Gan

      Hapus
  14. Gan ane mau nnya nih kenapa ya zenfone 5 ane error trus saat install update fw ww 1.18.40 dari 1.15 ? Dan zenfone 5 ane jga belom di root

    BalasHapus
    Balasan
    1. update ota harusnya aman2 saja bila tidak pernah di-root gan

      Hapus
  15. heran juga gan,knapa ane susah bener ya mau update zeny ane..
    Zeny ane 1.13.40.51 WW, mau update manual ke 1.14.40.50 aja eror mulu,.
    kata nya E: cannot load volume /misc
    failed with status 1

    hp masih mentah blm d apa2in,.
    di cek system update ga bisa,.
    di update manual eror terus..pake adb jg eror..ampir gila ane ampean..semua trik agan udah ane pake..sampe dah recovery pabrik lg..

    BalasHapus
    Balasan
    1. :( wah-wah terus berjuang bro jangan putus asa

      Hapus
  16. gan ane dah donlot yg 1.14 itu, dah ane ganti ke .secure juga. pas di update tetep muncul tulisan nya sama...

    BalasHapus
  17. gan, zenfone 5 saya T00F WW, sudah v. .2.19, tpi sekarang mentok di droidboot dan recovery, mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  18. Gan zanfone 5 sy versi CN di setting about nya versi WW kok bisa lain versi ya gan ? Dan gak bisa update OTA ? Gnmana ya gan?

    BalasHapus
  19. Sekedar tips untuk yang mau upgrade ataupun downgrade ke v1.14.40.50 biar kedetect.
    1.Pastikan udah di extract 1x.
    2. Untuk t00j, pastikan udah di rename ke t00j. Karena file asli posisinya di t00f.
    3. Pastikan udah di copy ke internal storage (sd card).
    4. Restart, pasti muncul notifikasinya.
    Good Luck!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah thanks gan, bermanfaat sekali bagi Zenfoners lainnya

      Hapus
  20. gan saya mau tanya...kok selepas saya root zen5 saya,saya mahu update zen5,saya tekan install untuk update selepas dia berjalan sistem updatenya tiba tiba ada tulis error disitu..(system/fonts/roboto-regular.ttf)ya jadi gi mana caranya gan...terima kasih

    BalasHapus
  21. mas kenapa setelah saya flash zenfone 5 saya kok tidak ada sinyal..?nti saya keluar rumah baru dapat sinyal pdhal sebelumnya tdk begitu..masalah n solusinya gmana..?

    BalasHapus
  22. gan ane mau nanya, knapa saat flash ro, muncul tulisan eror in tmp/update.zip, gmna cara ngatasin nya , mohon bantuan nya,

    BalasHapus
  23. Gan kalo terlanjut bootloop dilogo aja gimana atasinya gan.selesai flash ada tulisan e:can't open /tmp/update script/log dan e:canot open volume miscl.tolong pencerahanya gan.prnh root gan.maturnuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba langkah2 yang ada di tautan ini gan http://www.asus.com/zentalk/forum.php?mod=viewthread&tid=5353

      Hapus
  24. Gan kalo trlanjut bootlop gimana ya?dah diflash diakir flash ada tlsan e:can't open.,.tmp/scrip log dan e:cannot load volume

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://www.asus.com/zentalk/forum.php?mod=viewthread&tid=5353 coba langkah ini

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  26. Gan kalo terlanjut bootloop dilogo aja gimana atasinya gan.selesai flash ada tulisan e:can't open /tmp/update script/log dan e:canot open volume miscl.tolong pencerahanya gan.prnh root gan.maturnuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. dicoba langkah yang ini gan http://www.asus.com/zentalk/forum.php?mod=viewthread&tid=5353

      Hapus
  27. Gan sya ikuti tutor di atas bisa kdetek notif'a cuma pas instal selesai di mode recovery e:can't open /tmp/update script/log, tidak smapai selsai, hh prnah di root cuma udh sya unroot FW kitkat 54 mau upgrade lollipop.. minta solusi gan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://tectables.blogspot.com/2015/10/fixed-solved-asus-zenfone-5-update.html Coba ini gan

      Hapus